Jenis Konstruksi pada Jembatan Gantung

Jembatan layang merupakan konstruksi yang cukup unik. Karena berbeda dengan sistem bangunan secara umum. Proses pembangunan jembatan biasa memerlukan penyangga berupa pilar. Komponen ini diletakkan pada bagian tengah. Akan tetapi, ini dimentahkan oleh suspension bridge.

Untuk menciptakan jembatan yang kuat bahkan tidak perlu pilar. Untuk menahan beban, jembatan ini mengandalkan batang penggantung. Denga penghitungan tepat, penggantung sling baja dapat menahan lantai. Konstruksinya terbagi atas dua jenis, yaitu:

  • Tanpa Pengaku

Jenis konstruksi ini tidak memiliki struktur yang dapat mengencangkan jembatan. Sehingga pembuatan lantai tanpa didukung sistem yang membuatnya kaku. Beban lintasan terletak pada kabel. 

Sistem seperti ini hanya berlaku untuk jembatan gantung sederhana. Pada bagian lantai biasanya disusun deretan bambu atau kayu. Karena tidak mampu menahan beban berat. Dalam perhitungan, elemen ini bisa saja diabaikan.

  • Menggunakan Pengaku

Daripada jenis sebelumnya, konstruksi jembatan pengaku lebih kuat dan kokoh. Dalam pembuatannya, elemen penguatan pada lantai sangat penting. Entuk strukturnya berupa rangka yang memiliki kekuatan. Sehingga harus diikutkan dalam perhitungan.

Jembatan ini dibangun karena ada permintaan tertentu. Suatu daerah memerlukan sarana lalu lintas yang memadai. Agar mendukung segala aktivitas penting. Oleh karena itu, pembangunan jalur ini disesuaikan dengan persyaratan tertentu. Tentu saja mengutamakan kenyamanan dan keselamatan. 

suspension bridge

Bagian Konstruksi dari Suspension Bridge

Pembagunan jalur layang memerlukan pengjitungan yang teliti. Ketepatan menjadi hal yang vital. Karena dampaknya mempengaruhi berbagai aspek. Konstruksi tidak boleh lepas dari dua bagian ini.

  • Bangunan Atas

Pada bagian atas jalur berhubungan langsung dengan beban. Di area ini terjadi aktivitas manusia. Sehingga membutuhkan sistem bangunan yang kuat. Agar jembatan tidak roboh. Bangunan atas terdiri dari trotoar, girder, balok diafragma, sendi, slab kendaraan, dan tumpuan.

  • Bangunan Bawah

Bagian bawah jembatan bertugas sebagai tumpuan utama. Sistem konstruksi bagian bawah akan menopang keseluruhan atas titian. Kontaktor wajib membuat struktur pangkal jembatan, pondasi, drainase dan pilar.

Komponen Penting Dalam Struktur Suspension Bridge

Jembatan yang terlihat menggantung ini memang terlihat unik. Desainnya dapat dibuat sederhana maupun rumit. Bahkan di saat ini bisa ditambahkan polesan karya seni. Sehingga memberikan nilai estetika. Meski begitu, pembangunannya tidak bisa lepas dari komponen utama.

  • Lantai (Deck)

Unsur ini digunakan sebagai alas beraktivitas. Jalurnya disusun secara longitudinal yang kokoh. Agar dapat menyokong beban lalu lintas diatasnya. Sistem deck akan mempengaruhi stabilitas struktur jalan penghubung.

  • Pangakur (Anchor)

Jalur layang memiliki pengakur berasal dari balok bahan beton. Betuk komponen ini sangat besar. Berfungsi sebagai landasan kabel utama. Selain itu juga penyangga akhir jembatan.

  • Kabel Penggantung (Suspension Cable)

Kabel ini disebut dengan istilah hanger. Dibuat secara vertikal atau diagonal. Fugsinya sebagai alat penggantung lantai jembatan. Kebel ini terdapat di sepanjang jalur lantai. Kemudian bersatu menyalurkan beban pada kabel utama.

  • Kabel Utama (Main Cable)

Dalam sistem konstruksi suspension bridge, keberadaan kabel ini sangat penting. Karena ini merupakan komponen utama dalam rancangan. Fungsinya sebagai penyalur beban dari kabel penggantung menuju menara. Kabel akan mengubah beban menjadi tegangan.

  • Menara (Tower)

Komponen vital yang lain adalah menara. Tanpa menara, jembatan bisa roboh karena tidak kuat menahan beban. Elemen ini menjadi tumpuan bagi kabel utama. Beban yang diterima oleh menara akan menyebar pada tanah. Pondasi digunakan sebagai perantara pada daratan.

Begitulah sedikit penjelasan tentang konstruksi jembatan gantung. Dalam perencanaannya diperlukan perhitungan cermat. Karena banyak aspek yang perlu dipertimbangkan. Tujuannya agar media penghubung ini dapat berfungsi optimal.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.

Open chat
Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam. Dengan saya, Zaki Mubarrak, ST (Pabrikan berbagai macam jembatan). ada Yang bisa saya bantu?